SMELLS AND TASTE

10:25 AM Nanixxxx 0 Comments



Hidung merupakan alat visera (alat dalam rongga badan) yang erat hubungannya dengan gastrointestinalis. Sebagian rasa berbagai makanan merupakan kombinasi penciuman dan pengecapan. Reseptor penciuman merupakan kemoreseptor yang dirangsang oleh molekul larutan di dalam mukus. Reseptor penciuman juga merupakan reseptor jauh (telereseptor). Jarak penciuman tidak disalurkan dalam talamus dan tidak di proyeksikan neokorteks bagi penciuman.

Lucunya ketika manusia dihadapkan pada makanan dan kita menutup hidung dan mata, maka rasa dari makanan tersebut tidak terasa sedetil aslinya.



Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu percernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah merupakan massa jaringan pengikat dan otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa. Membrane mukosa melekekat erat pada otot karena jaringan penyambung laminan propia menembus kedalam ruang-ruang antar berkas-berkas otot.

Rasa jijik terhadap makanan terjadi ketika manusia memakan sesuatu makanan yang disgusting dan sensasi tersebut masuk kedalam memori yang menghasilkan rasa jijik terhadap suatu makanan ketika bertemu makanan serupa.

0 comments: